SERTIFIKASI INTERNASIONAL IC3 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

A. DILAKSANAKAN PADA 18 NOVEMBER 2017

IC3 (Internet and Computing Core Certification) merupakan sertifikasi keahlian umum dalam menggunakan TIK yang berstandar global serta merefleksikan keahlian TIK terkini dan relevan bagi dunia kerja maupun dunia pendidikan. IC3 diciptakan oleh Certiport bagian dari Pearson- perusahaan terdepan dalam menyediakan program sertifikasi dan solusi pelatihan untuk institusi pendidikan, pencari kerja dan perusahaan teknologi yang dapat diakses melalui lebih dari 12.000 Certiport Authorized Testing Centers di seluruh dunia.

Didirikan pada tahun 1997, Certiport adalah pelopor dalam menyediakan sertifikasi keahlian yang berorientasi pada dunia kerja untuk institusi pendidikan dan pekerja IT. Sertifikasi tersebut meliputi pengembangan tes, psikometrik, pengelolaan program, pemasaran untuk Microsoft® Office certification programs, the Adobe® Certified Associate certification program, HP Accredited Technical Associate, CompTIA Strata™ IT Fundamentals, Autodesk® Certified User, Intuit® QuickBooks Certified User dan Internet and Computing Core Certification (IC³).

ITC menyelenggarakan sertifikat berorientasi produk, dan bila peserta berhasil menempuh test dengan baik dan berhak menambah gelar dibelakang kesarjanaanya, seperti, Microsoft Office Specialist (MOS) yaitu Sertifikasi untuk penggunaan Microsoft Office, Microsoft Certified System Administrator (MCSA), Sertifikasi Administrator Server Windows 2000 atau .Net (dot-Net), Microsoft Certified System Engineer (MCSE), Sertifikasi Administrator dan Perancangan Sistem berbasis Server Windows 2000, Microsoft Certified Desktop Support Technician (MCDST), Sertifikasi untuk Technical & Customer Service Skills, Microsoft Certified Database Administrator (MCDBA), Sertifikasi untuk Administrator Microsoft SQL Database Server, dan Microsoft Certified Trainer (MCT), Sertifikasi untuk kualifikasi intruktur pelatihan.

 

  1. DASAR HUKUM

Adapun dalam pembuatan Program Kerja Pelaksanaan Sertifikasi Internasional IC3 Tahun Pelajaran 2017/2018, senantiasa mengacu pada :

  1. UU Sistem Pendidikan No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Materi Pendidikan dan Kebudayaan nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah
  3. Peraturan Materi Pendidikan dan Kebudayaan nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
  4. Program kerja Pendidikan dan Pelatihan SMK Taruna Bhakti Depok Tahun Pelajaran 2017/2018.
  5. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

  1. TUJUAN

Sertifikasi Internasional IC3, disusun dengan tujuan sebagai berikut:

Bagi Guru

  1. Mempunyai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui.
  2. Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat.
  3. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya.
  4. Pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki.
  5. Kesempatan berkarir yang lebih besar.
  6. Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki.
  7. Jenjang karir dan promosi yang lebih baik.

Bagi Siswa/i

  1. Mempunyai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui
  2. Kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat.
  3. Bertambahnya nial jual dalam merekrut tenaga kerja.
  4. Kesempatan berkarir yang lebih besar.
  5. Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki
  6. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya.
  7. Pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki.

Bagi  SMK Taruna Bhakti

  1. Mengurangi kesalahan kerja.
  2. Produktivitas  meningkat.
  3. Komitmen terhadap kualitas.
  4. Memudahkan dalam penerimaan  karyawan.
  5. Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil dan termotivasi.

 

  • HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Siswa/i

Hasil tes IC3 dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kemampuan diri dibandingkan dengan standar yang dibutuhkan di dunia internasional.

Tidak masalah apakah nantinya para siswa akan bekerja di dalam negeri atau luar negeri seiring dengan berjalannya MEA, SMK Taruna Bhakti ingin menanamkan wawasan dan kebiasaan berfikir dan bekerja sesuai standar internasional. Terbiasa diuji dengan tes berstandar internasional, diharapkan lulusan SMK Taruna Bhakti akan memiliki mental dan kepercayaan diri tinggi sehingga akan mampu bersaing dalam dunia kerja manapun, mampu menjawab tantangan sebesar apapun ditempatnya bekerja nantinya

  1. Guru

Hasil tes IC3 dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kemampuan diri dibandingkan dengan standar yang dibutuhkan di dunia internasional.

Mempunyai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui, kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat, meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya, pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki, kesempatan berkarir yang lebih besar, mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki dan jenjang karir dan promosi yang lebih baik.