Sistem Pembelajaran Di SMK Taruna Bhakti

SMK Taruna Bhakti Depok merupakan Sekolah Menengah Kejuruan  Swasta di Kota Depok Jawa Barat yang berada di bawah Yayasan Setya Bhakti. SMK Taruna Bhakti terletak di jalan Pekapuran RT 02/07 Kel Curug Cimanggis Kota Depok Jawa Barat 16953.

SMK Taruna Bhakti berdiri pada Tahun 2005 dan sampai saat ini telah memiliki 5 Kompetensi Keahlian antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  2. Multimedia (MM)
  3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  4. Broadcasting (TP4)
  5. Teknik Elektronika Industri (TEI)

Pembelajaran

SMK Taruna Bhakti menggunakan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan merupakan salah satu sekolah Aliansi di Kota Depok. Dalam proses pembelajaran SMK Taruna Bhakti Depok telah menerapkan E-Learning di antaranya:

  1. SMK Taruna Bhakti memiliki portal belajar dan dapat diakses di www.belajar.smktarunabhakti.net
  2. Seluruh Ruangan belajar telah dipasang LCD Projector
  3. Setiap Mata Pelajaran Menggunakan modul digital
  4. Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS)
  5. Absensi telah menggunakan finger print dan SMS Gateway
  6. Akses Internet seluruh ruang belajar dan lingkungan sekolah
  7. Lab Komputer sejumlah 14 lab dengan ratio 1:2 setiap siswa/lab
  8. Sistem Pembayaran yang menggunakan komputerisasi

Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris juga sudah dilakukan dengan adanya 2 lab Bahasa standar Full Multimedia dan adanya kegiatan ekstrakokurikuler Bahasa Inggris, serta pembelajaran kewirausahaan yang bertujuan untuk mencetak entrepreneurship muda yang mampu bersaing di masyarakat.

Untuk mengakomodasi potensi minat dan bakat dari siswa SMK Taruna Bhakti juga mengadakan Ekstrakokurikuler dibidang seni dan olah raga serta Sains. Adapun jenis ekstrakokurikuler di SMK Taruna Bhakti sebagai berikut:

  1. Paskibraka
  2. PRAMUKA
  3. Paduan Suara
  4. Japanese Club
  5. English Club
  6. PEncak Silat
  7. Seni Tari
  8. Saung Thadarus/ROHIS
  9. Sepak Bola/Futsal
  10. IT Club TKJ (ICT)
  11. Multicast
  12. Drama
  13. Dan Lain-lain

Semua jenis pembelajaran yang ditetapkan di SMK Taruna Bhakti bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan kualitas lulusan untuk menghadapi tantangan Dunia Usaha / Dunia Industri serta memberikan pendidikan karakter bangsa untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi ketika telah berbaur dengan masyarakat luas.

Dalam pembentukan karakter ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa setiap pagi seluruh siswa-siswi diwajibkan membaca Al-Quran dan setiap hari Jumat pagi diadakan Motivasi Rohani, serta kegiatan Sholat Berjamaah setiap waktu.

Tenaga Pendidik yang mengajar untuk menunjang proses belajar mengajar di SMK Taruna Bhakti Depok berjumlah 55 orangyang merupakan profesional dibidangnya. Selain Tenaga Pendidik juga ada Tenaga Kependidikan yang bertugas untuk melayani kebutuhan siswa-siswi di setiap bidang.