Sertifikasi Internasional Bidang Multimedia

Sertifikasi Internasional bidang multimedia yang sudah di terapkan di smk taruna bhakti antara lain :

  1. Adobe
  2. Autodesk
  3. Microsoft Office Specialist

cert-adobe-logos

sertfikasi dengan model yang dikeluarkan oleh suatu vendor yaitu Adobe atau Adobe Certified , ada banyak jenis sertifikat yang dikeluarkan oleh Adobe, baik itu per produk, level, dan jenis. Seperti Adobe Certified Instructor (ACI), Adobe Certified Associate (ACA), Adobe Certified Professionals (ACPs), dan Adobe Certified Expert (ACE)

Adobe Certified Associate (ACA)

adalah Sertifikasi yang di berikan oleh Adobe untuk siswa yang ingin menyatakan dan menginginkan pada entry-level keterampilan dalam perencanaan, merancang, membangun, dan memelihara media digital menggunakan produk Adobe. Sertifikasi ini baik dan cocok untuk siswa SMA, desainer situs entri level, guru dan profesional yang ingin membuktikan kemampuan mereka dalam produk Adobe. Untuk menerima Sertifikasi ACA, seseorang harus lulus produk khusus kemahiran ujian ACA,yaitu Adobe Photoshop,Adobe Flash dan Adobe Dreamweaver .

ACE (Adobe Certified Expert)

ACE ditujukan untuk para Graphics Designer, Web Designer, Developer, dan profesional bisnis yang ingin menunjukkan kemampuan mereka dalam memahami produk Adobe.

Seseorang yang memperoleh sertifikasi ACE artinya mampu mendemonstrasikan keahliannya menggunakan satu atau lebih produk dari Adobe. Sertifikasi Adobe yang banyak digunakan industri adalah di bidang desktop publishing yang meliputi aplikasi Photoshop, Illustrator, dan InDesign; serta di bidang digital video meliputi aplikasi Premiere dan After Effect.

Adobe membagi jalur sertifikasi menjadi dua, yaitu sertifikasi untuk satu produk dan spesialis. Untuk satu produk misalnya ACE Adobe InDesign CS, artinya peserta telah lulus ujian Adobe InDesign CS.

Sedangkan untuk sertifikasi spesialis, terdapat beberapa pilihan yaitu ACE Print Specialist, Web Specialist, dan Video Specialist. Untuk bisa memperoleh gelar atau sertifikasi ACE Print Specialist peserta harus mampu melewati beberapa ujian meliputi Adobe InDesign, Adobe Acrobat, dan Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop. Untuk ACE Web Specialist, peserta harus lulus ujian Adobe Photoshop, Adobe GoLive, dan Adobe Illustrator atau Adobe Acrobat. Sementara untuk menjadi ACE, Video Specialist, peserta harus lulus ujian Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan Adobe Affter Effects.

Jika kandidat mampu menguasai, dan lulus semua produk suite Adobe (Adobe Acrobat, Adobe GoLive, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan Adobe Photoshop), ia akan memperoleh gelar tertinggi, yaitu ACE Creative Suite Master.

Ada beberapa manfaat dari Sertifikasi Adobe itu sendiri :

  • Sertifikasi ahli Adobe membantu profesional TI dalam mendapatkan kenaikan gaji, mencari pekerjaan, atau mempromosikan keahlian mereka.
  • Bersertifikat ahli Adobe dapat menunjukkan keahlian dengan produk Adobe dan platform, danmenerapkan keterampilan mereka untuk menambah nilai tempat kerja.
  • Adobe bersertifikat ahli instruktur yang memiliki pengetahuan untuk mengajarkan produk Adobe dan teknologi.
  • Program Adobe Certified Associate yang memvalidasi keterampilan para pencari kerja.
  • Membedakan diri dari para pesaing
  • Memperoleh pengakuan dari Perusahaan
  • Memanfaatkan kekuatan merek Adobe